Lompat ke kontenLompat ke sidebarLompat ke footer

Lirik Cublak cublak suweng - Jawa Timur (Arti Dan Maknanya)

"Cublak-cublak Suweng" adalah salah satu permainan disertai lagu pengiring yang dinyanyikan. Lagu pengiring dalam permainan ini berjudul sama dengan nama permainan itu sendiri yaitu cublak-cublak suweng. Permainan tradisional cublak-cublak suweng biasa dimainkan oleh anak-anak kecil di pedesaan dari Pulau Jawa, khususnya di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan juga Jawa Timur. wikipedia



Lirik

Cublak cublak suweng

Suwenge teng gelenter

Mambu ketundhung gudèl

Tak gento lela lelo

Sapa ngguyu ndele' ake

Sir sir pong dele bodong

Sir sir pong dele bodong

Maknanya


Cublak-cublak Suweng
Cublak Suweng artinya tempat Suweng. Suweng adalah anting perhiasan wanita Jawa. Berarti Cublak-cublak suweng merupakan ada tempat harta berharga, yaitu Suweng (suwung, sepi, sejati) atau ‘harta sejati’.

Suwenge Teng Gelenter
Suwenge teng gelenter artinya suweng berserakan. Sebenarnya ‘harga sejati’ yang merupakan kebahagiaan sejati mudah ditemukan dimana-mana karena berserakan.

Mambu Ketundhung Gudel
Mambu         = baunya
Ketundhung = dituju
Gudel            = anak kerbau

Makna dari kata-kata ini adalah, banyak yang mencari harta sejati itu. Namun, orang-orang bodoh yang diibaratkan sebagai gudel, mencarinya dengan penuh ego, nafsu dan keserakahan.

Pak Empo Lera-lere
Pak Empo  = Bapak yang ompong
Lera-lere    = Menengok kanan kiri

Orang-orang yang bodoh itu sering diibaratkan orang tua ompong yang kebingungan. Mereka aslinya memiliki harta melimpah, tapi ternyata itu harta yang palsu karena tak bisa membuatnya bahagia.

Sopo Ngguyu Ndhelikake
Sopo ngguyu   = siapa tertawa
Ndhelikake     = dia yg menyembunyikan

Dua kata ini bermakna, siapa yang bijaksana, dia lah yang tau harta sejati tersebut. Siapa yang bisa tersenyum dia lah yang dapat menjalani hidup meski di tengah orang yang serakah.

Sir-sir Pong Dele Kopong
Sir=hati nurani
Pong dele kopong=kedelai kosong tanpa isi

Maknanya adalah, di dalam hati nurani yang ksoong. Bahwa untuk sampai ke tempat harta sejati, setiap orang harus melepaskan kecintaannya dalam harta benda duniawi, rendah hati, tidak merendahkan sesama dan terus mengasah sir atau hati nuraninya.

Dalam sekali bukan makna dari lagu Cublak Cublak Suweng ini? Intinya adalah, harta benda bukan suatu hal yang lantas dapat membahagiakan maunsia. Harta sejati atau kebahagiaan ada di mana-mana dan dimulai dengan hati nurani. ngalam.co

  • Cintai dan lestarikan lagu daerah, maka kita akan mengetahui jati diri kita yang sebenarnya.
  • Cintai dan lestarikan lagu daerah, maka kita akan mengiat nenek & kakek kita dahulu yang mendidik kita dengan hati.
  • Cintai dan lestarikan lagu daerah, karena disaat kita meninggal nanti kita akan diistirahatkan di tanah Bumi Pertiwi ini bukan di tanah bangsa lain.
  • Cintai dan lestarikan lagu daerah, sebelum lagu daerah ini hilang.